Judul : Contoh RPP PAI SMA/MA Semester Genap Kelas 11
link : Contoh RPP PAI SMA/MA Semester Genap Kelas 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Gresik
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : XI (Sebelas) / Genap
Tema : Toleransi sebagai alat pemersatu Bangsa
Alokasi Waktu : 135 menit
A. Kompetensi Inti:
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
KI.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
NO. | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
1 | 2.4 Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait | 1. Siswa dapat menunjukkan contoh perilaku toleran dan menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait. 2. Siswa dapat menampilkan perilaku sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus/10:40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait. |
2 | 3.2 Menganalisis Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan. | 1. Siswa dapat membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 dengan benar. 2. Siswa dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32. 3. Siswa dapat menyebutkan arti Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan. |
4 | 3.6 Memahami makna toleransi dan kerukunan | 1. Siswa dapat menjelaskan isi Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis. yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan. |
5 | 4.3 Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf. | 1. Siswa dapat mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5):32. |
6 | 4.4 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar | 1. Siswa dapat mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32. |
Melalui kegiatan pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat :
1. Menunjukkan contoh perilaku toleran dan menghindari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait.
2. Menampilkan perilaku sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus/10:40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait.
3. Membaca Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 dengan benar.
4. Mengidentifikasi hukum bacaan tajwid Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32.
5. Menyebutkan arti Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.
6. Menjelaskan isi Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 serta hadis. yang terkait tentang perilaku toleran, rukun dan menghindari tindak kekerasan.
7. Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus (10): 40-41 dan Q.S. al-Maidah (5):32.
8. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32.
D. Materi Pembelajaran
�Dan di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepadanya (al-Qur�an), dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Sedangkan Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.� (Q.S. Yunus/10: 40)
�Dan jika mereka (tetap) mendustakanmu (Muhammad), maka katakanlah, Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu tidak bertanggung jawab terhadap apa yang aku kerjakan dan aku pun tidak bertanggung jawab terhadap apa yang kamu kerjakan.� (Q.S. Yunus/10: 41)
Allah Swt. menjelaskan bahwa setelah Nabi Muhammad saw. berdakwah, ada orang yang beriman kepada al-Qur�andan mengikutinya serta memperoleh manfaat dari risalah yang disampaikan, tapi ada juga yang tidak beriman dan mereka mati dalam kekafiran.
Ayat di atas juga menjelaskan perlunya menghargai perbedaan dan toleransi. Cara menghargai perbedaan dan toleransi antara lain tidak mengganggu aktivitas keagamaan orang lain. Rasulullah saw. bersabda:
�Dari Ibn Umar ra. Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, �Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap sesama saudaranya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya.� (HR. Attirmizy)
�Dari Anas ra. Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, �Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, tidaklah beriman seorang hamba sehingga dia mencintai tetangganya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.� (HR. Bukhari Muslim)
IsIam melarang perilaku kekerasan terhadap siapapun. Allah Swt.berfirman:
�Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain (qisas), atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya rasul-rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.�(Q.S. al-Maidah/5: )
Dalam Q.S. al-Maidah/5: 32terdapat tiga pelajaran yang dapat dipetik.
1. Nasib kehidupan manusia sepanjang sejarah memiliki kaitan dengan orang lain. Sejarah kemanusiaan merupakan mata rantai yang saling berhubungan. Karena itu, terputusnya sebuah mata rantai akan mengakibatkan musnahnya sejumlah besar umat manusia
2. Nilai suatu pekerjaan berkaitan dengan tujuan mereka. Pembunuhan seorang manusia dengan maksud jahat merupakan pemusnahan sebuah masyarakat, tetapi keputusan pengadilan untuk melakukan eksekusi terhadap seorang pembunuh dalam rangka qisas merupakan sumber kehidupan masyarakat.
3. Mereka yang memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan penyelamatan jiwa manusia, seperti para dokter, perawat, polisi harus mengerti nilai pekerjaan mereka. Menyembuhkan atau menyelamatkan orang yang sakit dari kematian bagaikan menyelamatkan sebuah masyarakat dari kehancuran
Berikut perilaku-perilaku toleransi yang harus dibina sesuai dengan ajaran Islam
1. Saling menghargai adanya perbedaan keyakinan.
2. Saling menghargai adanya perbedaan pendapat. Manusia diciptakan dengan
3. membawa perbedaan. Kita mencoba menghargai perbedaan tersebut
4. Belajar empati, yaitu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, lalu bantulah orang yang membutuhkan.
E. Metode Pembelajaran
a. Pendekatan Pembelajaran : Scientific
b. Model Pembelajaran : Discovery Learning
c. Teknik Pembelajaran : diskusi, tanya jawab
F. Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Media : LCD, whiteboard, spidol.
Metode : discovery, diskusi, drill, dan Tanya jawab
Sumber belajar:
1. Buku pelajaran PAI kelas 10 kemendikbud & Kemenag
2. Al-Qur�an & Tafsir
3. Kitab Hadis,
4. Buku Pelajaran Tajwid,
5. Internet.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
No. | Kegiatan | Waktu |
1. | Pendahuluan � Guru membuka proses pembelajaran salam dan berdo�a, � Guru mengecek kesiapan kelas (absensi, tempat duduk,) � Guru menyampaikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai, � Guru membagi kelompok sesuai dengan kondisi peserta didik di kelas, � Guru melakukan appersepsi, � Guru melaksanakan tes awal untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap materi yang akan disampaikan. � Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, eksplorasi, mengomunikasikan serta menyimpulkan dengan membagi lembar kerja siswa | 10 menit |
2. | Kegiatan Inti a. Mengamati � Peserta didik mengamati gambar, tayangan, atau penjelasan seputar toleransi. � Peserta didik membaca dan mencermati/mengidentifikasi hukum tajwid pada teks bacaan tentang toleransi dan QS. Yunus:40-41, QS.Al-maidah:32 dan hadist tentang toleransi secara individu dan kelompok b. Menanya � Menanyakan arti, isi kandungan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 , dan hadist terkait � Siswa & guru bertanya jawab, untuk menelaah dan menganalisis teks ayat pilihan, dengan menggunakan buku panduan ilmu tajwid, mengungkapkan apa saja hukum bacaan yang ada pada Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 Kemudian membuat laporan hasil analisis dalam lembar kerja siswa (LKS). c. Mengumpulkan Data /Explore � Secara berkelompok peserta didik mendiskusikan definisi toleransi, kandungan dalil naqli toleransi menunjukkan perilaku yang mencerminkan toleransi terhadap sesama � Secara berkelompok siswa Mendiskusikan tentang pelajaran penting yang dapat diambil dari hadis tentang toleransi sebagai alat pemersatu bangsa, berupa dampak negatif tidak adanya toleransi, manfaat dan hikmahnya. d. Asosiasi � Peserta didik menganalisis, menghubungkan, dan menyimpulkan data-data yang didapat dari hasil diskusi tentang toleransi terhadap sesame d. Komunikasi Peserta didik Mendemonstrasikan bacaan Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32 dan menyampaikan hasil diskusi kepada guru atau teman sejawat dan meminta tanggapan dari guru atau teman sejawat. | 110 menit |
3. | Penutup � Melaksanakan penilaian dan refleksi serta penguatan terhadap hasil diskusi, sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya; � Merencanakan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas baik secara individu maupun kelompok � Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada per�temuan berikutnya. | 15 menit |
H. Penilaian Hasil Pembelajaran (Jenis, bentuk dan teknik penskoran)
NO | TEKNIK PENILAIAN AUTENTIK | BENTUK INSTRUMEN | INSTRUMEN |
1 | Penilaian Sikap Spiritual | Penilaian Diri | Terlampir |
2 | Penilaian Sikap Sosial | Observasi, | |
3 | Penilaian Sikap Pengetahuan | Penugasan (Pilihan Ganda dan Esay, portofolio), tes lisan | Rumusan Soal (Terlampir) |
4 | Penilaian Sikap Ketrampilan | Non Tes | Unjuk Kerja/(Performance) |
Lampiran 1. Instrumen penilaian (Aspek Sikap spiritual)
Nama Siswa :
Kelas/Semester : I (satu) / I
Teknik Penilaian : Penilaian Diri
Penilai : Guru
NO | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | |||
Sangat Setuju | Setuju | Ragu-Ragu | Tidak Setuju | |||
1. | Setiap mau belajar dan sebelum mengakhirinya kita dianjurkan untuk berdo�a | | | | | |
2. | Setiap akan memulai aktivitas kita dianjurkan untuk mengucapkan kalimat basmalah. | | | | | |
3. | Kita harus mensyukuri nikmat berupa kesehatan dan kesempatan bisa belajar.. | |||||
4. | Dalam mengikuti kegiatan pembelajaran harus memasang niat dengan ikhlas | |||||
JUMLAH SKOR |
KETERANGAN
Sangat Setuju = 4
Setuju = 3
Ragu-Ragu = 2
Tidak Setuju = 1
Skor maksimum = 20
Skor yang diperoleh
NILAI = ------------------------- X 100
Skor maksimal
20
NILAI AKHIR = -------------------------x 100
20
= 100
Lampiran 2. Instrumen penilaian (Aspek Sikap Sosial)
Lembar Pengamatan
Rubrik kegiatan Diskusi (Penilaian Sikap Selama Diskusi):
No. | Nama Siswa | A s p e k P e n g a m a t a n | Jml Skor | Nilai | Ket. | ||||
Kerjasama | Meng- komunika sikan pen-dapat | Toleransi | Keaktifan | Menghargai pendapat teman | |||||
01 | | | | | | | | | |
02 | | | | | | | | | |
03 | | | | | | | | | |
04 | | | | | | | | | |
05 | | | | | | | | | |
Keterangan Skor :
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
Catatan:
4 = Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
3 = Apabila sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
2 = Apabila sudah memperlihatkan perilaku dan sudah kosisten yang dinyatakan dalam indikator.
1 = Apabila sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.
Skor maksimum = 20
Skor yang diperoleh
NILAI = ------------------------- X 100
Skor maksimal
20
NILAI AKHIR = -------------------------x 100
20
= 100
Kriteria Nilai
A = 90 � 100 : Baik Sekali
B = 80 � 89 : Baik
C = 75 � 79 : Cukup Baik
D = <75 : : Kurang
Lampiran 3. Instrumen penilaian (Aspek Pengetahuan)
Portofolio;
- Membuat Laporan Hasil Analisis tentang hukum bacaan dan kandungan ayat pada Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32
- Membaca dan menghafal Q.S. Yunus/10: 40-41 dan Q.S. al-Maidah /5: 32
Tes tetulis; Soal essay
1. Jelaskan manfaat dari toleransi sebagai alat pemersatu bangsa?
2. Jelaskan hikmah dari toleransi sebagai alat pemersatu bangsa?
Kunci jawaban: Pedoman
1. Manfaat dari toleransi sebagai alat pemersatu bangsa
a. Terjaga kehormatan dan kesucian jasmani dan rohani 1
b. Terhindar dari berbagai penyakit kelamin 1
c. Terhindar dari azab (siksaan) dan murka Allah 1
Jumlah (3)
2. Hikmah dari toleransi sebagai alat pemersatu bangsa
a. Dilapangkan rezekinya dan diberkahi hidupnya oleh Allah 1
b. Hidup dalam ketenteraman dan ketenangan 1
Jumlah (2)
C. Tugas Kelompok
- Buatlah kelompok sesuai dengan jumlah peserta didik di kelasmu! (Maksimal lima orang satu kelompok)
- mendiskusikan definisi toleransi, kandungan dalil naqli toleransi menunjukkan perilaku yang mencerminkan toleransi terhadap sesama
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi.
Lembar Penilaian
No | Nama Peserta didik | Skor Yang Diperoleh | Nilai | Ket | ||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | Jml | ||||
2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 5 | 5 | 5 | 5 | 5 | 10 | ||||
1 | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | |
4 | | | | | | | | | | | | | | |
5 | | | | | | | | | | | | | | |
Catatan :
a. Skor maksimum = 35
? Skor perolehan
Nilai = X 100
Skor Maksimal
35
Nilai siswa = ---------- x 100
35
= 100
b. Keterangan nilai
< 75 = kurang, 75 � 80 = cukup, 81 � 90 = baik, 91 � 100 = baik sekali
Lampiran 4. Instrumen penilaian (Aspek Ketrampilan)
Lembar Penilaian Presentasi
No. | Nama Siswa | A s p aspe k P e n g a m a t a n | Jmlsssjumlah skor Skor | Nilain nil-ai | Ket.keketerangan | ||||
Siste sistematika dan isi pe-nyajian | Peng peggunaan bahasa | Ketep ketepatan waktu | Kema kemampuan menjelaskan | Ketep ketepatan jawaban | |||||
01 | | | | | | | | | |
02 | | | | | | | | | |
03 | | | | | | | | | |
04 | | | | | | | | | |
05 | | | | | | | | | |
Keterangan Skor :
4= Baik Sekali
3= Baik
2= Cukup
1 = Kurang
Skor Maksimal = 20
? Skor perolehan
Nilai = =X 100
Skor Maksimal
20
Nilai siswa = ---------- x 100
20
= 100
Keterangan nilai
< 75 = kurang, 75 � 80 = cukup, 81 � 90 = baik, 91 � 100 = baik sekali
Mengetahui, Kepala SMAN 1 Gresik Drs. MAHMUDI NIP. 19650101 198903 1 024 | Greik, mei 2015-05-26 Guru Mata Pelajaran, ARIS MAFULAH NIP. .19761216 200701 2 006 |
| |